Sebagian orang masih mengalami kesulitan dalam mengelola keuangan dan bertahan hidup dengan mengandalkan gaji bulanan. Pengeluaran secara berlebihan atau overspending bisa membuat kondisi finansial menjadi buruk. 

Overspending bisa terjadi pada siapapun, terlepas dari berapapun income yang dihasilkan tiap bulannya. Hal ini bisa membuat tujuan ekonomi jadi tidak tercapai bahkan sampai terlibat dalam hutang. 

Nah, untuk menghindari overspending kamu harus tahu bagaimana cara mencegahnya. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan untuk mencegah overspending

Cara Mencegah Overspending

  • Buat Tujuan Keuangan

    Membuat skala prioritas dan tujuan dalam keuangan, seperti menyiapkan dana darurat, membeli rumah, liburan, atau melanjutkan pendidikan. Inilah yang menjadi tolak ukur dan pembatas diri agar tidak overspending. Jika tujuan belum tercapai, maka kamu akan berpikir dua kali dalam mengeluarkan uang untuk mencegah pembelian impulsif.

  • Gunakan Rekening Terpisah

    Pisahkan antara rekening tabungan dengan rekening belanja bulanan. Dengan menggunakan rekening yang terpisah bisa menjadi solusi biar kamu tidak overspending. Sebaiknya, siapkan budget tersendiri untuk pengeluaran selama sebulan dan jangan pernah menambah anggaran jika uang di dalam rekening sudah habis.

  • Catat Semua Pengeluaran

    Selanjutnya, kamu dapat mencatat semua pengeluaran secara detail untuk mengetahui ke mana saja uang tersebut dialokasikan. Selain itu, hal ini juga bisa membantu kamu agar tidak overspending dan lebih mudah dalam mengidentifikasi masalah keuangan.

  • Hindari Penggunaan Kartu Kredit

    Salah satu cara untuk menghindari hutang kartu kredit yang berlebihan adalah dengan membayar semua keperluan menggunakan uang tunai. Bila perlu, sisihkan masing-masing pengeluaran ke dalam amplop yang berbeda. Cara budgeting manual seperti ini bisa menjadi langkah tepat menuju tujuan finansial.

  • Tahan Godaan Diskon

    Penawaran promo diskon besar-besaran yang ada di toko online maupun offline menjadi tantangan berat dalam mengelola keuangan. Jika ingin menghemat uang kamu harus menahan godaan diskon dan membeli barang sesuai dengan kebutuhan.

Nah, itulah beberapa tips untuk mencegah overspending, mungkin proses ini sulit namun harus dilakukan demi kondisi kesehatan finansial. Menghentikan kebiasaan overspending bisa menjadi langkah awal untuk memperbaiki manajemen keuangan yang lebih sehat.