Pinjaman online atau biasa disebut pinjol semakin marak beredar di Indonesia. Banyak perusahaan pinjaman online yang menawarkan kemudahan dengan bermodal KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk melakukan pinjaman. Masyarakat yang tidak pikir panjang terpaksa harus meminjam kepada pinjol demi memenuhi kebutuhan hidup.

Pertanyaannya, apakah semua layanan pinjol di Indonesia aman? Nah, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan berikut tips aman sebelum melakukan pinjaman online.

6 Tips Aman Sebelum Mengambil Pinjol

  1. Memilih layanan pinjol yang sudah terdaftar di OJK

    OJK adalah lembaga resmi yang mengawasi segala kegiatan yang berhubungan dengan finansial di seluruh Indonesia. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat terhindar dari penipuan pinjaman online illegal.

  1. Sesuaikan pinjaman dengan kebutuhan dan kemampuan

    Mudahnya melakukan pinjaman bukan berarti bebas mengajukan sesuai dengan keninginan. Ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan agar tidak menjadi perilaku konsumtif dan pada akhirnya tidak bisa melunasi cicilan.

  1. Memastikan biaya dan bunganya transparan

    Layanan pinjol terpercaya biasanya memberikan transparansi mengenai berapa biaya dan bunga yang perlu di bayar. Hal ini bertujuan agar peminjam mengetahui dengan jelas rincian cicilan dan besaran biaya yang perlu peminjam bayarkan setiap bulannya.

  1. Memahami semua persyaratan

    Ketika ingin mengajukan pinjaman online, maka wajib hukumnya untuk membaca dan memahami semua persyaratan serta ketentuan yang ada. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi penyalahgunaan data dari pihak peminjam maupun layanan pinjol yang memberi pinjaman.

  1. Jangan terlambat melunasi tagihan

    Tips selanjutnya adalah mencatat jumlah pinjaman serta cicilan yang harus terbayarkan, dan tenggat waktu agar mudah teringat dan dapat melunasi tagihan tepat waktu. Sehingga peminjam tidak akan terkena bunga atau biaya keterlambatan.

  1. Memastikan memiliki layanan konsumen

    Layanan pinjaman online resmi biasanya memiliki customer service (CS) yang melayani pihak peminjam dengan baik. Sebelum mengajukan pinjaman, sebaiknya hubungi customer service untuk mengetahui informasi lebih detail.

Pinjaman online memang menjadi solusi saat butuh dana cepat. Namun, harus tetap waspada terhadap layanan pinjol illegal yang beredar di tengah masyarakat. Semoga 6 tips di atas bisa bermanfaat, ya!