Fintech (Financial Technology) adalah produk atau layanan yang mengatur sistem keuangan dengan menggunakan teknologi. Dengan hadirnya fintech dapat mengurangi transaksi secara langsung. Saat ini, fintech menyediakan layanan untuk melakukan aktivitas transaksi seperti deposito, transaksi online, transfer uang, dan jenis transaksi lainnya melalui internet.

Sejak AFI (Asosiasi fintech Indonesia) berdiri pada tahun 2015, fintech baru dikenal dan dipercaya oleh masyarakat umum. Sekarang, fintech berkembang sangat pesat di Indonesia. Kebanyakan orang, terutama anak muda, sudah tidak asing lagi dengan fintech. Berikut merupakan layanan-layanan fintech yang sudah tersedia di Indonesia.

Layanan Fintech di Indonesia

  • E-Money

E-money merupakan alat pembayaran yang berbasis elektronik. Dimana penggunanya menyimpan uang di dalam media elektronik tertentu untuk melakukan transaksi secara online. Sudah banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan e-money dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

  • Pinjaman Online

Perkembangan fintech mempermudah masyarakat dalam melalukan peminjaman dana dengan mudah dan cepat. Pihak yang memberikan pinjaman dan yang meminjam tidak perlu bertemu secara langsung. Begitupun dengan pengembalian pinjaman dapat dilakukan secara online. 

  • Aggregator

Aggregator merupakan jenis layanan yang di untuk membantu masyarakat dalam mencari informasi keuangan. Informasi itu berupa produk LJK (Lembaga Jasa Keuangan) seperti KPR, kartu kredit, jenis tabungan, asuransi, dan lainnya.

  • Pengelola Investasi dan Risiko Keuangan

Fintech juga menyediakan layanan pengelolaan investasi dan risiko keuangan. Pengelolaan investasi adalah proses yang membantu perumusan kebijakan dan tujuan, sekaligus pengawasan dalam penanaman modal untuk memperoleh keuntungan.

Layanan fintech memegang peranan penting dalam masyarakat karena memberikan kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan secara online. Di era modern saat ini semua orang menginginkan hal yang serba cepat dan praktis. Seperti itulah cara kerja fintech yang memberikan banyak manfaat dan kemudahan hanya dalam genggaman smartphone.