Mengenal Securities Crowdfunding

Securities Crowdfunding (SCF) atau Penawaran Efek Melalui Layanan Urun Dana Berbasis Teknologi Informasi adalah alternatif investor untuk investasi jangka panjang. Kemudian, model investasinya berupa pendanaan usaha yang dengan sistem patungan dari beberapa investor melalui platform.

Nantinya, platform tersebut bertugas untuk menghimpun dana dari investor. Kemudian, tersalurkan kepada pelaku usaha yang membutuhkan modal. Investasi di SCF memiliki menawarkan beberapa efek, seperti saham, obligasi, dan sukuk sesuai dengan profil risiko masing-masing.

Jenis-Jenis Efek yang Ditawarkan

  • Saham

Saham adalah bukti kepemilikan modal atas sebuah perusahaan atau badan usaha. Instrumen ini merupakan efek umum yang securities crowdfunding tawarkan. Selanjutnya, nilai dividen yang investor terima akan mengikuti jumlah saham yang investor miliki.

  • Saham Syariah

Instrumen saham syariah ini telah diatur oleh OJK dengan berbagai kriteria yang mengacu pada aturan syariah terkait saham dan pasar modal. Jenis efek ini ada untuk mengantisipasi saham yang bertentangan dengan syariat islam.

  • Obligasi

Obligasi merupakan merupakan surat utang yang diperjualbelikan. Kemudian, pelaku usaha yang menjual surat utang akan melakukan pembayaran kembali kepada investor berdasarkan waktu dan bunga yang telah tersepakati.

  • Sukuk

Sukuk adalah instrumen surat berharga yang menunjukkan besar kepemilikan aset perusahaan. Instrumen ini akan memberikan keuntungan berupa nisbah atau bagi hasil. Jumlahnya tergantung dari besar atau kecilnya keuntungan penerbit.

Manfaat Securities Crowdfunding

  • Bagi Penerbit

Penerbit adalah pelaku usaha yang membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya. SCF sebagai alternatif pembiayaan bagi penerbit dan membantu untuk berkembang melalui pembiayaan Pasar Modal.

  • Bagi Penyelenggara

Manfaat bagi penyelenggara adalah untuk membantu startup fintech berkembang di Pasar Modal. Pihak penyelenggara yang itu adalah platform yang menghubungkan penerbit dengan pemodal.

  • Bagi Pemodal

Investor atau orang yang mendanai suatu usaha mendapatkan manfaat untuk berinvestasi dalam jangka panjang. Selain itu, investor dapat menjadi pemilik suatu perusahaan yang telah ia danai.

Securities Crowdfunding sangat bermanfaat bagi penerbit, penyelenggara, dan pemodal. Namun demikian, harus memperhatikan juga risiko dalam berinvestasi di SCF, misalnya risiko proyek yang tidak berjalan, tidak mendapat dividen, saham tidak liquid, kegagalan operasional penyelenggara, dan lain sebagainya.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi di SCF sebaiknya perhatikan rekam jejak dari suatu platform. Hal ini karena platform adalah pihak yang menghubungkan penerbit dengan pemodal. #happyfunding