Menabung atau investasi? Keduanya merupakan konsep menyimpan dana untuk kebutuhan masa depan. Namun, tahukah kamu bahwa menabung dan investasi itu berbeda? Dilansir Investopedia, kata kunci penting yang membedakan menabung dan investasi adalah faktor risiko. Menabung tentu memiliki faktor risiko lebih rendah dibandingkan investasi, karena digunakan dalam jangka waktu pendek.

Keduanya sangat penting untuk membangun pondasi keuangan yang baik di masa sekarang maupun masa depan. Yuk, cari tahu perbedaan lainnya agar kamu bisa menentukan prioritas untuk menabung atau investasi.

Menabung

Sejak duduk di bangku sekolah kita sering mendengar peribahasa “sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit” alias, usaha atau kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus pasti akan membuahkan hasil di kemudian hari. 

Pribahasa ini sering dikaitkan dengan kegiatan menabung. Jika kamu sering menyisihkan uang sedikit untuk menabung, lama-kelamaan jumlah tabungan yang kamu miliki menjadi banyak. 

Menabung adalah kegiatan menyimpan uang untuk pengeluaran atau kebutuhan masa depan. Dulu, orang menabung di celengan, di bawah bantal, ataupun di lemari. Kini hampir semua orang sudah menabung di bank. 

Biasanya, uang yang ditabung digunakan untuk keadaan darurat yang membutuhkan uang cepat. Selain itu, menabung juga dilakukan jika seseorang memiliki target jumlah uang yang harus dikumpulkan untuk keperluan dalam waktu dekat. Misalnya, untuk pergi haji, membeli kendaraan, pergi liburan, dan lain sebagainya.

Investasi

Di sisi lain, investasi adalah kegiatan penanaman uang atau modal berupa aset berharga untuk memperoleh keuntungan di masa depan. Kegiatan investasi membuat uang semakin bertumbuh sesuai dengan prinsip investasi, yaitu “high risk, high return”.

Semakin besar risiko investasinya maka semakin banyak juga keuntungan yang didapatkan. Kamu bisa memulai investasi dengan risiko rendah, seperti deposito, reksadana, emas, properti, hingga Surat Berharga Negara (SBN).

Investasi dilakukan untuk target dan jangka waktu panjang di atas lima tahun demi mendapatkan keuntungan yang optimal. Kamu harus memahami jenis-jenis serta profil risikonya terlebih dahulu sebelum melakukan investasi.

Menabung atau Investasi

Mana yang lebih prioritas? Semua tergantung dengan kondisi keuangan kamu saat ini dan tujuan finansial yang ingin dicapai. Sebaiknya, penuhi kebutuhan sehari-hari dan siapkan dana darurat terlebih dahulu sebelum memulai investasi, ya Propers!