Startup adalah perusahaan yang baru dirintis dan masih dalam fase pengembangan. Biasanya masih seumur jagung namun sudah ramah dengan teknologi. Eksistensi perusahaan startup di tanah air semakin tumbuh dan berkembang. 

Tak hanya tumbuh dan bermunculan startup baru, beberapa startup tanah air cukup mentereng jika dilihat dari nilai valuasinya. Adapun startup tersebut memiliki gelar sebagai unicorn hingga decacorn.  

Dalam dunia startup ada beberapa istilah yang dikaitkan dengan nilai valuasi perusahaan. Beberapa istilah tersebut adalah unicorn, decacorn, dan hectocorn. 

Perbedaan Unicorn, Decacorn dan Hectocron

Ketika nilai valuasi perusahaan startup meningkat maka akan mendapatkan gelar sesuai dengan level yang diraih, yaitu:

Unicorn

Unicorn merupakan tingkatan startup yang paling rendah. Sebuah perusahaan startup akan mendapat gelar unicorn ketika memiliki nilai valuasi 1 miliar dollar AS (sekitar 14 triliun rupiah). Hewan unicorn digunakan dalam konteks startup karena kehadirannya yang mustahil mencapai valuasi sebesar US$ 1 miliar. 

Namun, di Indonesia kemustahilan itu perlahan menghilang. Beberapa startup tanah air berhasil mendapat gelar unicorn, yaitu Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, OVO, Ajaib dan Kopi Kenangan. Setelah mendapat gelar unicorn, perusahaan startup terus berkembang menjadi decacorn. 

Decacorn

Decacorn adalah merupakan tingkatan startup di atas unicorn. Kata “deka” berasal dari Bahasa Yunani yang berarti angka 10. Sesuai namanya, perusahaan dengan gelar decacorn adalah perusahaan yang memiliki valuasi nilai 10 miliar dollar (sekitar 140 triliun rupiah). 

Beberapa startup decacorn yang terkenal diantaranya Bytedance, Uber, Pinterest, Airbnb, SpaceX, dan Grab. Tak mau kalah, Indonesia juga memiliki perusahaan bergelar decacorn yaitu Gojek. Pada tahun 2019, Gojek menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang berhasil mencapai level ini. 

Hectocorn

Hectocorn merupakan gelar tertinggi startup yang memiliki valuasi nilai 100 miliar dollar AS (sekitar 1.400 triliun rupiah). Beberapa perusahaan dunia yang berhasil mendapat gelar hectocorn di antaranya Apple, Google, Facebook, Microsoft.

Biasanya perusahaan yang mampu mendapatkan gelar hectocorn hanya mencapai satu sampai tiga perusahaan baru setiap tahunnya.

Pada intinya ketiga istilah startup ini dibedakan berdasarkan nilai valuasinya. Unicorn memiliki nilai 1 miliar dollar AS, decacorn 10 miliar dollar As, dan hectocorn 100 dollar AS.